Rabu, 09 September 2015

BROMO - PENANJAKAN I

GN BROMO

Jam 2 ane sudah bangun, yang lain masih pada tidur,  ane nunggu sampai jam 02.30 baru bangunin mereka, jam 3.00 udah pada siap.

Telp bapaknya jeep,ternyata baru isi BBM dia bilang biasanya kalau jemput jam 03.30. akhirnya pada nongky di pinggir jalan. Tepat jam 03.30 jeepnya sampai, ajib dah nyupirnya ngebut di tikungan rasanya mual ni perut, yang lebih hebatnya lagi temen ane bisa tidur dengan lelapnya.

Begitu sampai cemoro lawang di kejauhan kelihatan deretan lampu jeep yang jalan beriringan,  spot pertama  penanjakan 1 nah disini dari lautan pasir jalannya tanjakan ngeri, untung udah dibeton jalannya jeep sampai berhenti dulu waktu mau nanjak pindah dari 2 wd ke 4 wd . beruntung supir jeep agak2 tipikal preman. Yang lain pada berhenti di bawah dia berhenti sampai di atas. Kalau liat deretan jeep yang parkir paling bawah jalan ke penanjakan 1 ya cukup lumayan juga, kalau ga mau jalan ada ojek sepeda motor  yang nyamperin waktu jeep berhenti. Supir jeep ngasih saran kalau bisa turunnya jam 05.30 buat ngindarin macet, masuk akal juga sih.
BROMO & BATOK

PENANJAKAN I

Di penanjakan rupanya udah penuh ama manusia yang mau liat sunrise, banyak turis manca juga, dinginnya lumayan ane pake jaket 2 lapis + sarung tangan, kepala pake kupluk.  Sayang sunrisenya masih malu2 mungkin karena masih musim hujan.  Setelah  foto2 cari spot2 yang bagus kami langsung turun, oh ya di penanjakan 1 banyak warung berderet kalau mau sarapan.

Untuk menjaga kondisi tubuh plus takut kalau di bromo ga ada warung ane beli pop mie buat sarapan. Popmie besar dihargai Rp 10.000,-. jam 5.45 kami sampai di parkiran jeep lanjut ke bromo.

PARKIR PENANJAKAN I

Sampai di bromo sekitar jam 06.10, nah sampai disini supirnya mulai berulah dengan alesan terlanjur lapor ke pos mau ke 6 spot padahal kita deal cuman 2 spot.  Dia minta bayaran 600 K apa 800 k lupa ga begitu merhatiin. Akhirnya ane tegesin pokoknya cuman 2 spot, dengan agak jengkel dia bilang tak tunggu jam 07.00 harus sampai sini WTF jalan dari parkir jeep ke anak tangga bromo aja udah hamper jam 7 masa suruh balik jam 7. Ane iyain aja untung  cuman kasih dp 200. Kalau ditinggal ya tinggal cari jeep lain / naik ojek.  Tips lagi kalau sewa jeep kasih dp dulu sisanya kita lunasin kalau sampai ke penginapan lagi.

JEEP DI BROMO
Oh ya di bromo jeep sebenernya bisa parkir dekat sama anak tangga bromo, tapi ga bisa karena dikasih batas patok – patok ( sebenernya bagi2 rejeki sama ojek kuda ),  parkiran jeep – anak tangga sekitar 2 km,  sebelum anak tangga,  kita jalan di hamparan pasir yang datar melewati sebuah pura, di kanan jalan berderet warung2 makan di gubug2 ada bakso malang juga.  Kalau ga mau capek bisa naik kuda tarif 50 rb sampai anak tangga. Kalau di tengah jalan tergantung nego antara 10 rb – 30 rb, karena banyaknya kuda disini bisa dipastikan pasir bromo udah bercampur sama kotoran kuda yang kering  hi… ...

TANGGA GN BROMO

Sampai di anak tangga dimulailah perjuangan berat untuk menitinya , pas sampai di tengah2 kebetulan angin bertiup ke arah anak tangga bau belerang santar menusuk hidung yang membuat batuk2 secara otomatis, walaupun syal udah ane lipat 2 lapis buat tutup hidung  masih aja tak kuasa menahan batuk2, begitu sampai di bibir kawah langsung ane menuju sisi kiri kawah. Lumayan bau belerang udah hilang. Adegan berikutnya dimulailah adegan poto2 narsis buat stok DP di sosmed, tak ketinggalan foto ma bule caem juga,  kawah bromo bawahnya ga keliatan cuman asap putih doang yang keliatan, di tebing2 kawahnya banyak terdapat sisa2 sesajen yang dilemparkan warga.

KAWAH BROMO

BIBIR KAWAH

PURA DILIHAT DARI PUNCAK BROMO

VIEW GN BATOK
 Turun dari kawah kami tidak lewat anak tangga yang penuh sesak orang antri mau lewat, tapi kami turun langsung lewat tebing pasirnya , naik tangga butuh 15-20 menit turunnya ga ada 5 menit .

kami mampir ke pura sebentar sayang ga bisa masuk cuman foto2 di depannya doang.

PINTU MASUK PURA

Sampai di jeep jam 08.00, supirnya pasang wajah cemberut. Pulangnya nyupirnya ngebut gaya drift sampai supir2 lainnya pada ngeliatin semua, yang di jeep pada komat kamit baca doa semua,  sumpah ga ada dosa ga ada hukum pengen ane getok kepalanya dari belakang,  kalau dari depan ane mikir mikir gedean supirnya badannya  he.. he….. Sampai penginapan sarapan, mandi lanjut istirahat sebentar.